Uncategorized

MAHASISWA PPKN MENGADAKAN KEGIATAN SIT IN DI UNIVERSITAS KEBANGSAAN MALAYSIA

Pusat Siswazah Universitas Kebangsaan Malaysia

Sebagai implementasi visi dan misi Program Studi PPKn dalam kegiatan internasional, maka tahun 2010 Mahasiswa PPKn mulai mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan di luar negeri. Pada tanggal 26 sampai dengan 28 September 2019, sebanyak 29 mahasiswa melakukan Kuliah Kerja Lapangan di negara Malaysia. Kegiatan ini bertujuan untuk membandingkan sistem pembelajaran di Malaysia serta memahami tentang pemerintahan di negara tersebut.

Pada kesempatan tersebut Prodi PPKn FKIP Universitas PGRI Yogyakarta menjalin kerjasama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia dan melakukan Sit In kuliah di Universitas tersebut dalam mata kuliah Penulisan Artikel Ilmiah. Kegiatan kuliah dilaksanakan di Pusat Siswazah Universitas Kebangsaan Malaysia dengan dosen Prof. Dr. Melor MD Yunus. Pada kuliah tersebut dipaparkan tentang pentingnya penulisan artikel ilmiah dan strategi penulisan artikel yang benar.

Sesuai dengan bidang pembelajaran di Program Studi PPKn, mahasiswa juga mempelajari tentang bentuk pemerintahan negara Malaysia dengan mengunjungi beberapa bukti sejarah dan pemerintahan negara Malaysia antara lain Dataran Merdeka yang menyimpan sejarah perjuangan kemerdekaan Malaysia serta Putra Jaya yaitu pusat pemerintahan  negara Malaysia.

Mahasiswa saat mengunjungi negara Malaysia juga mempelajari tentang sosial, budaya, dan  ekonomi negara tersebut dengan mengunjungi beberapa tempat yang berhubungan dengan sejarah budaya Malaysia seperti Batu Carves yang merupakan pusat keagamaan agama Hindu serta Twins Tower yang merupakan bukti perkembangan ekonomi di Malaysia. Mahasiswa dalam mempelajari budaya banyak menemukan multikulturalisme di Malaysia karena adanya banyak warganegara keturunan India, Arab, maupun Melayu yang hidup berdampingn di Malaysia.

Program Kuliah Kerja Lapangan di luar negeri, khususnya Sit In akan menjadi agenda yang terus dilaksanakan dalam memberikan kompetensi kepada mahasiswa serta mempromosikan program studi PPKn Universitas PGRI Yogyakarta ke tingka Internasional. Kegiatan juga sebagai bentuk action sebagai perwujudan kerjasama Program Studi PPKn FKIP UPY dengan Universitas Kebangsaan Malaysia dalam wujud Pendidikan, Pengabdian Kepada Masyarakat serta Penelitian. Mahasiswa tidak hanya diberi materi oleh dosen intern namun juga diberi materi oleh dosen luar negeri dan dapat mempelajari pemerintahan dan budaya pemerintahan negara lain.

                                                                                     (Supri Hartanto)

Menganalisis Sosial Keagamaan di Batu Carves Malaysia





Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu program studi yang ada di Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) yang telah terakreditasi "A"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *